Sistem hidran adalah sebuah instalasi yang berguna untuk menanggulangi bahaya kebakaran. Disalamnya terdapat beberapa komponen yang sangat penting dan menopang satu sama lain. Dalam pemasangan sistem hidran harus mengacu pada standar NFPA dan SNI. Selain pemasangan, komponen yang ada pada sistem hidran juga harus memenuhi standar NFPA dan SNI. Pasalnya komponen yang bagus dan berkualitas juga menunjang kinerja sistem hidran pada saat digunakan.

Lalu apa komponen apa saja yang terdapat pada sistem hidran?

Sistem hidran terdiri dari 3 bagian penyuplai, pendistribusi, dan penembak pada setiap bagian terdapat komponen-komponen yang dirancang agar air tersalurkan dengan optimal menuju titik api. Pada bagian penyuplai, terdapat tangki sebagai penampung air yang disebut Reservior.

Reservior

Reservior atau yang disebut ground tank merupakan sumber air serta menampung air. Pada Reservior atau ground tank, dapat menyuplai air selama 30 menit. Pada jangka waktu 30 menit di wajibkan komponen yang lain untuk bekerja secara maksimal. Pasalnya, jika air pada ground tank sudah habis dan api tidak segera padam, di wajibkan untuk menggunakan air dari mobil pemadam.

Rumah Pompa beserta Komponennya

Selain Reservior pada bagian penyuplai terdapat rumah pompa, rumah pompa memiliki beberapa komponen. Rumah pompa memiliki peran yang sangat vital. Pasalny komponen pada rumah pompa bekerja sebagai penghisap dan penyalur air dari reservior menuju perangkat pendistribusian. Komponen yang terdapat pada rumah pompa antara lain panel control, pompa hydrant, pipa, dan komponen lainnya.

Hydrant Pilar

Pasti kita sangatlah familiar dengan benda yang satu ini. Karena sering kita jumpai di mall, gedung perkantoran dan fasilitas umum lainnya. Tapi tidak banyak yang mengetahui nama dan fungsi dari benda ini. Mari kita ketahui fungsi dari benda tersebut. Hydrant pillar merupakan jaringan output yang mendistribusikan air menuju bagian penembak atau penyemprot. Hydran pillar memiliki beberapa type, dari yang satu jalur, hingga 3 jalur.

Box Hydrant dan Aksesorisnya

Kotak yang satu ini juga mungkin sangat familiar di mata kita. Bukan hanya sekedar pajangan saja, box hydrant memiliki fungsi yang sangat vital. Dimana pada box tersebut terdapat komponen yang menjadi ujung tombak proses pemadaman. Ya, hydrant box adalah tempat menyimpan peralatan seperti fire hose (selang pemadam), hose rack (sisir selang) nozzle, valve, dan siamese connection. Komponen diatas berguna sebagai penunjang kinerja dari sistem hidran.

Proses pemasangan atau instalasi sistem hidran tidaklah semudah kita bayangkan. Dibutuhkan vendor yang memiliki pengalaman dan ahli pada bidang tersebut. Selain itu diperlukan juga perencanaan yang tepat dan matang serta sesaui dengan bangunan dan aset yang akan diproteksi. Pusaka Putra Jaya merupakan kontraktor sistem proteksi kebakaran yang sudah dipercaya oleh beberapa perusahaan besar di Indonesia. Dengan kualitas Sumber Daya Manusia dan Sistem kerja yang profesional kami hadir untuk memberikan solusi dalam memproteksi aset anda dengan maksimal dan aman.